CIC Minta Kapolri Batalkan Kelulusan Casis Akpol 2024 Polda Maluku dan Polda NTT

ASWAR

- Redaksi

Minggu, 14 Juli 2024 - 14:42 WIB

5059 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKTIMUR.COM, JAKARTA – Sosok Pegiat Anti korupsi sekaligus Jurnalis Senior dan aktivis serta Ketua Umum DPP CIC di Jakarta Raden Bambang SS sangat menyayangkan banyaknya calon siswa (Casis) Akpol 2024 Polda Maluku yang lolos tidak sesuai aturan dan Polda NTT justru banyak berasal dari luar NTT.

CIC menilai, hal tersebut bukan saja melecehkan tetapi kental dengan aroma ‘permainan busuk’ panitia yang selama ini sudah menjadi anggapan banyak masyarakat bahwa proses seleksi Akpol tidak dilakukan secara transparan tetapi sarat kepentingan.

Atas kejadian lolosnya mayoritas Casis Akpol 2024 Polda NTT dari luar NTT dan Maluku yang meloloskan nilai rendah ini menurut CIC, harus jadi evaluasi para petinggi polri, yakni Kapolri Jenderal Lustyo Sigit untuk membatalkan hasil seleksi tersebut dan memeriksa Kapolda Maluku dan Polda NTT, bila perlu yang merusak citra polri segera ditindak dengan tegas, segera copot jabatan mereka.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua Umum CIC

Baca Juga :  KAKI Minta KPK Segera Tuntaskan Penanganan Kasus Korupsi Dana Hibah Jatim Jangan Seperti Debkolektor

R. bambang. SS menegaskan, “Kejadian ini sangat melukai hati warga Maluku dan NTT. Yang lolos di Polda NTT mereka sama sekali tidak mewakili orang NTT, atau apakah mereka punya KTP NTT? Atau orangtuanya tinggal di NTT?

Belum lagi yang terjadi di Polda Maluku, yang rendah lolos yang diatas nilainya tidak lolos, ini sudah pasti titipan dari mana-mana lalu masuk jadi jatah Polda NTT dan yang jadi korban adalah putra-putra daerah. Ini tidak benar dan kami minta Kapolri batalkan serta evaluasi atau audit seleksi Akpol di NTT in dan Polda Malukui,”tegas Raden Bambang SS kepada wartawan di Jakarta, Minggu (14/7/2024).

R. Bambang. SS mengungkapkan, kejadian seperti ini bukan sekali dua kali tetapi hampir dari tahun ke tahun seleksi Akpol fenomena titipan dari luar daerah itu banyak terjadi di Daerah.

Pihaknya (CIC) tidak yakin bahwa putra daerah asal NTT dan Maluku tidak memiliki kemampuan dan kapasitas yang cukup untuk lulus menjadi Akpol.

Baca Juga :  Keren! Acara Bedah Buku Novel dan Cerpen Karya Pudji Isdriani K

R. Bambang. SS mengatakan, “Hanya bedanya karena putra daerah mungkin tidak memiliki kekuatan ‘Yang Miliaran’untuk bisa lolos menjadi polri, kalau hal ini dibiarkan terus terjadi bagaimana generasi oknum polri kedepanya, awal saja diduga sudah curang dalam masuk Catar Akpol atau seleksi rekrutmen calon Akpol maupun Bintara dan Tamtama polri, ” Pungkas R. Bambang. SS.

CIC beranggapan, kalau seleksi masih seperti ini, ya jangan salahkan masyarakat untuk menilai bahwa seleksi Akpol ini ya banyak permainannya. Harus ada bakingan yang kuat bahkan kekuatan finansial. Ini harus jadi perhatian Kapolri. Bila perlu proses seleksi dari awal lagi sehingga muncul putra daerah  yang bisa lulus jadi Taruna Polri.

Pihaknya (CIC) juga memastikan akan mengawal kasus ini kepada Mabes Polri dengan mendesak Kapolri agar membatalkan hasil seleksi ini. Bahkan pihaknya meminta agar Kapolri memeriksa Kapolda Maluku dan Kapolda NTT terkait proses seleksi ini.

 

(AR)

 

Berita Terkait

TNI AL Berhasil Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional
Presiden Prabowo Subianto Secara Resmi Mengumumkan Jajaran Menteri dan Wakil Menteri Yang Akan Menduduki Kabinet Merah Putih
MAPIKOR: KPK Jangan Percaya Tudingan Terhadap H Syafiudin Itu Tidak Benar, di Pilkada Bangkalan 2024 Musim Pencari Sensasi Menuju Transaksi
Panglima TNI Hadiri Acara Pelepasan Presiden ke-7 Jokowi dan Penyambutan Presiden Terpilih Prabowo Subianto
Pidato Perdana Presiden Prabowo Subianto Mendapat Sambutan Meriah
Presiden Jokowi : Berikan Kesetaraan Pelayanan, Polri Telah Membangun 19.105 Fasilitas Layanan Kaum Rentan Anak dan Penyandang Disabilitas
Keren! Acara Bedah Buku Novel dan Cerpen Karya Pudji Isdriani K
Wilayah Hukum Polres Jakarta Timur Jadi Lahan Basah Peredaran Obat Keras, APH Tutup Mata..!!

Berita Terkait

Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:22 WIB

Sukseskan Pilkada Serentak Personil Polsubsektor Sangkarrang Bersama TNI lakukan Patroli Dialogis

Kamis, 24 Oktober 2024 - 10:07 WIB

Paparkan Program Pendidikan Gratis, 250 Warga Kelurahan Bontoala Tua Bersorak dan Siap Dukung Seto-Rezki

Rabu, 23 Oktober 2024 - 20:06 WIB

Wujudkan Pilkada yang Aman dan Kondusif, Polres Pelabuhan Makassar Perketat Pengamanan Kampanye Paslon

Rabu, 23 Oktober 2024 - 20:04 WIB

Cooling System, Bhabinkamtibmas Polres Pelabuhan Makassar Bagikan Brosur Kamtibmas Pemilukada

Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:48 WIB

Pengurus DPD LDII Kota Makassar Ikuti Bimtek yang di Gelar Badan Kesbangpol

Selasa, 22 Oktober 2024 - 22:35 WIB

Netralitas Oknum RT/RW Yang Masih Aktif di Kelurahan Pannampu di Pertanyakan !!

Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:28 WIB

Polsek Wajo Tingkatkan Patroli Blue Light untuk Jaga Kondusifitas Kamtibmas Pilkada Serentak

Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:23 WIB

Kepedulian Abdi Negara: Personil Polri di Pelabuhan Soekarno Hatta, Bantu Penumpang Sakit

Berita Terbaru