Miris.. Warga Kec. Pining Terbaring Sakit Dibawa dengan Mobil Pickup, Meninggal Dunia di Jalan, Ambulans Rusak

DETIK TIMUR

- Redaksi

Selasa, 27 Februari 2024 - 18:24 WIB

5063 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues |  Timah Inen Rabumah (58) Pasien Rujuk di Puskesmas Pining Meninggal Dunia di perjalanan saat menuju Rumah Sakit Umum Daerah Muhammad Ali Kasim (RSUD – MAK) Kabupaten Gayo Lues.

Menurut Kepala Desa Pertik Kecamatan Pining, Zaenal Abidin saat dikonfirmasi oleh Media ini melalui Handphone, Selasa (27/02/2024) mengatakan, meninggalnya Ibu Timah Inen Rabumah sangat Kami sesalkan, karena saat Pasien di rujuk ke RSUD – MAK Hanya mengunakan Mobil Grandmax bak terbuka milik Warga Pintu Rime bernama Muhammad Gunung, ini sangat menyedihkan, Kenapa tidak.

Menurutnya, kata menantu Almarhum, Di Puskesmas Pining ada Mobil Ambulance tapi Rusak, kejadian itu membuat miris dan sakit hati warga dan keluarga Almarhum termasuk Menantunya bernama Alim. Alim menceritakan Kronologis kejadiannya, mertuanya sudah tiga hari sakit di Rumah.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kemudian tadi pagi dibawa ke Puskesmas Pining menggunakan Becak, setelah ditangani di Puskesmas sekira Pukul 5.00 WIB, Petugas berkeputusan untuk merujuk ke RSU MAK bersama 1 Pasien lainya dari Kampung Pining.

“Namun di Puskesmas tidak ada Ambulance, sehingga Keluarga diminta mencari Mobil untuk diberangkatkan, Kemudian Pada Pukul 6.00 WIB berangkat dari Pining sesampainya di Genting Ibu Timah Meninggal Dunia,” Kata Pengulu Pertik menirukan kata Alim. Menantu Almarhum.

Zaenal Abidin mengatakan, melalui berita ini, dirinya memohon keadilan untuk Masyarakat Pining dan berharap Kejadian seperti ini tidak terulang lagi di Masa – masa yang akan datang.

Baca Juga :  Kapolres Gayo Lues Bagikan Takjil Kepada Masyarakat Pengguna Jalan

” Saya Pengulu Pertik Kecamatan Pining mewakili Masyarakat momohon keadilan untuk Masyarakat Pining dan berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” Pungkasnya berharap.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues Riadussalihin SKM Saat dikonfirmasi melalui Pesan WhatsApp terkait di Puskesmas Pining tidak mempunyai Dokter Jika adapun pasien yang berobat hanya ditangani oleh Perawat, Salihin hanya mengatakan, Konfirmasi dengan Kepala Puskesmas Pining.

Saat ditanyakan masalah Kenderaan Ambulance yang tidak bisa jalan, Kadis Kesehatan mengatakan, Laporan Kepala Puskesmas Pining Ambulance ada dua, satu rusak berat dan sudah di Pulangkan di Dinas Kesehatan dan satu lagi rusak dan sedang diperbaiki dan saya sudah mengkondisikan Ambulance PKM Pintu Rime ke PKM Pining.

” Untuk melayani Masyarakat,” Tutur Riadussalihin.

Sementara, Kepala Puskesmas Pining, Nona Juli Piarni menjelaskan, Kronologis nya, Ibu Timah Masuk Puskesmas sekitar Pukul 10.15 WIB, dan langsung Ditangani oleh Perawat jaga yang bernama Mawar bersama Nova dan langsung memasang Infus dan memberikan Obat.

Mereka sebelum mengambil tindakan mereka menghubungi dulu dr. Pebi terlebih dahulu kan seperti itu. Setelah diberikan obat Pasien merasa ke enakan maka Perawat memasukan ke ruang perawatan.

Setelah Pasien nya sudah agak ke enakan dirinya mengatakan kepada Perawat yang bertugas untuk Stanbay apa bila nanti jika tidak ada Mobil.

Baca Juga :  Satreskrim Polres Gayo Lues Berhasil Amankan Pelaku Pembunuhan di Sungai Aih Bobo

Karena memang saat ini Mobil kita di Puskesmas Pining ini sedang rusak, dan Kita juga sudah koordinasi dengan Pak Camat Pining, Pak Kadis Dinkes bahwa Mobil Ambulance di Puskesmas Pining saat ini dalam keadaan rusak.

“Jika Mobil Ambulance tersebut bisa bagus hari ini kan bagus, tapi kenyataannya sudah dibawa ke bengkel manapun namun tidak bisa diperbaiki dalam waktu singkat karena harus bongkar Mesin minimal 5 hingga 6 hari,” jelas Kepala Puskesmas Pining.

Lanjutnya, sekitar Pukul 5.00 WIB perawat IGD menghubungi kita akan merujuk Pasien Emergency dan kita memberi tahu perawat, agar memberitahukan kepada keluarga Pasien bahwa kondisi Mobil Ambulance Puskesmas Pining saat dalam kondisi rusak.

“Saya mencoba menghubungi Mobil Ambulance Puskesmas Pintu Rime namun belum bisa terhubung karena mungkin jaringan kurang bagus dan saya terus berupaya untuk menindaklanjuti nya,” Jelas Kepala Puskesmas Pining.

Pada akhirnya, Keluarga membawa Pasien mengunakan Mobil Masyarakat Sekira Pukul 6.00 WIB ke RSUD MAK, namun diperjalanan pasnya di Desa Genting Pasien Meninggal Dunia.

“Namun sekali lagi kita dari Puskesmas Pining sudah berupaya mencoba menindak lanjuti nya agar pasien bisa segera di rujuk sesegera mungkin, ke RSUD – MAK. namun Allah SWT berkehendak lain,” Pungkasnya.

(TIM)

Berita Terkait

Warga Kampung Rak Lintang Sangat Antusias Mendukung dan Memenangkan Calon Bupati Gayo Lues Nomor 1 “Said Sani – Saini”
Perumdam Tirta Sejuk Klarifikasi Terkait Pemecatan Karyawan Masa Percobaan
16 Anggota Legislatif Mangkir dan Ogah Ikut Sidang Perubahan, Pj Bupati: Akan Diperbupkan
Yusuf Hasoead Sebutkan Kedepankan Politik Santun dan Cerdas
Pasangan “GAESSS” Ingin Gayo Lues Islami, Maju, Sejahtera Dan Berkeadilan
Bravo, Satesnarkoba Polres Gayo Lues Berhasil Ungkap Narkotika Jenis Ganja
Babinsa Koramil 09/Putri Betung bersama Babinkamtibmas dan Warga Melaksanakan Gotong-Royong
Bhabinkamtibmas Polsek Blangkejeren Berhasil Mediasi Sengketa Tanah Antara Warga Desa Bukit dan Desa Sangir di Gayo Lues

Berita Terkait

Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:22 WIB

Sukseskan Pilkada Serentak Personil Polsubsektor Sangkarrang Bersama TNI lakukan Patroli Dialogis

Kamis, 24 Oktober 2024 - 10:07 WIB

Paparkan Program Pendidikan Gratis, 250 Warga Kelurahan Bontoala Tua Bersorak dan Siap Dukung Seto-Rezki

Rabu, 23 Oktober 2024 - 20:06 WIB

Wujudkan Pilkada yang Aman dan Kondusif, Polres Pelabuhan Makassar Perketat Pengamanan Kampanye Paslon

Rabu, 23 Oktober 2024 - 20:04 WIB

Cooling System, Bhabinkamtibmas Polres Pelabuhan Makassar Bagikan Brosur Kamtibmas Pemilukada

Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:48 WIB

Pengurus DPD LDII Kota Makassar Ikuti Bimtek yang di Gelar Badan Kesbangpol

Selasa, 22 Oktober 2024 - 22:35 WIB

Netralitas Oknum RT/RW Yang Masih Aktif di Kelurahan Pannampu di Pertanyakan !!

Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:28 WIB

Polsek Wajo Tingkatkan Patroli Blue Light untuk Jaga Kondusifitas Kamtibmas Pilkada Serentak

Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:23 WIB

Kepedulian Abdi Negara: Personil Polri di Pelabuhan Soekarno Hatta, Bantu Penumpang Sakit

Berita Terbaru