Setelah di Sumpah dan Meraih Gelar Insiyur, Dr. Ashury Perkenalkan 10 Karya Buku Terbarunya

ASWAR

- Redaksi

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:01 WIB

5027 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oplus_0

Oplus_0

DETIKTIMUR.COM, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar kegiatan Pengambilan Sumpah Program Profesi Insinyur Periode Juli 2024, di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Kota Makassar, Senin (08/07/2024) sekira pukul 20.00 Wita. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa.

Salah satu mahasiswa yang turut disumpah dalam kesempatan tersebut adalah Dr. Ir. Ashury Djamaluddin, ST, MT mengungkapkan rasa bahagianya setelah dirinya bisa ikut dalam penyumpahan tersebut.
Selain itu, Dr Ashury juga telah menerbitkan 10 buku yang sesuai dengan kompetensinya di bidang Rekayasa dan Operasional Pelabuhan. Buku terbaru yang telah ia terbitkan berjudul  Manajemen Operasional Pelabuhan dan Perencanaan Pelabuhan dan Terminal.
“Di dalam buku saya itu, berbicara tentang operasional pelabuhan, terutama bagaimana seharusnya operasional di dalam pelabuhan petikemas,” jelas Ashury yang juga tercatat sebagai dosen S3 Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Kelautan Unhas.
Saat ditanya oleh media ini terkait permasalahan sebenarnya yang terjadi di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia khususnya di pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dan bagaimana solusinya, pria murah senyum itu mengatakan, kekurangannya ada pada pembenahan.
“Kalau kita pengen pelabuhan kita itu seperti diluar negeri, tentu kita harus mengikuti standar-standar yang berlaku secara internasional. Khususnya di terminal petikemas disitu masih menggunakan sistem operasional yang konvensional,” terangnya.
Lanjutnya, kalau diluar negeri yang sudah maju pelabuhannya itu sistem bongkar muat barang dan petikemas sudah menggunakan automisasi. Jadi bongkar muat yang mereka lakukan itu sudah menggunakan teknologi robotik, alias sudah jarang menggunakan tenaga manusia.
“Sistem bongkar muat di terminal-terminal petikemas di pelabuhan modern seperti di pelabuhan Singapura dan pelabuhan Shanghai,” ucapnya.
Menurutnya, pelabuhan memainkan peranan penting dalam sistem rantai pasok, karena transportasi laut mewakili sekitar 90 persen perdagangan global.
Secara progresif, ukuran dan karakteristik pelabuhan telah disesuaikan dengan letak dan wilayah dari pelabuhan itu sendiri dan juga mendukung rute perdagangan baru diharapkan semakin meluas yaitu wilayah dengan faktor produksi dengan biaya rendah, pasar yang besar dan meluas, populasi besar, kapasitas ekonomi yang signifikan, dan aktivitas inovatif lainnya yang cukup besar.
“Dalam buku ini, juga menjelaskan aliran-aliran barang dari hulu hingga hilir dengan fokus utama adalah perdagangan di laut, serta para pelaku yang terlibat dalam proses aliran kargo, selain dari perusahaan pelayaran, dan operator terminal pelabuhan, tentu masih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam bisnis ini,” timpal ayah dari Aqila Khansa Hanifah.
Selain itu, kata dia, buku ini banyak menceritakan pola logistik di bidang pelayaran, perkembangan dari masa kemasa, biaya-biaya yang timbul dalam proses logistik di bidang pelayaran.
“Salah satu bab dalam buku ini membahas terkait dengan keputusan dalam pengadaan armada pengangkutan kargo, keputusan dalam kepemilikan ataupun penyewaan petikemas kosong (empty container) ataupun full container di tinjau dari segi bisnis pelayaran,” Dr. Ir. Ashury Djamaluddin, ST, MT menandaskan.(Hdr)Setelah di Sumpah dan Meraih Gelar Insiyur, Dr. Ashury Perkenalkan 10 Karya Buku Terbarunya.
@ASWAR
Facebook Comments Box
Baca Juga :  Koramil 1408-12/Tamalanrea Melaksanakan Karya Bakti Penanaman Pohon di Wilayah Batudoang

Berita Terkait

Koramil 1408-12/Tamalanrea Melaksanakan Karya Bakti Penanaman Pohon di Wilayah Batudoang
Ungkap Kasus Ini, Personel Sat Samapta Polres Gowa Diganjar Penghargaan
Panitia Kegiatan Pejabat (Pj) Geuchik Pilih Kepada Wartawan Online di Kota Langsa
Kasau Pimpin Penganugerahan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama kepada Pangkoopsud I.
Misi Kemanusiaan Yonif 751/VJS Berikan Bantuan Kesehatan Masyarakat Agandugume
Bahas Peluang Kerjasama, Kadin Bali Gelar Pertemuan Bersama Pengusaha Australia dan Dosen Universitas Mahasaraswati
Lurah Wala walaiya Kecamatan Tallo Kota Makassar Diduga alergi terhadap warganya
Raja Tallo Ke 19 Andi Iskandar Esa Kr Bontomajannang Daeng Pasore membantah tudingan

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 18:17 WIB

Danramil Mayor Kav Salahuddin Ajak Warga Jaga Kebersihan Demi Terciptanya Lingkungan Yang Sehat

Minggu, 7 Juli 2024 - 15:22 WIB

Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, LSM GMBI Lakukan Sunat Massal

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:40 WIB

Artis Penyanyi Dangdut Aty Kodong Dilapor ke Polda Sulsel Dugaan Penipuan, Penggelapan dan Pencemaran Nama Baik

Berita Terbaru