KIP Gayo Lues Menggelar Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara

DETIK TIMUR

- Redaksi

Selasa, 27 Februari 2024 - 14:44 WIB

5079 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Gayo Lues menggelar Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dalam pemilu 2024 tingkat kabupaten Gayo Lues bertempat di Gedung Bale Musara. Selasa (27/02/2024).

Ketua KIP Gayo Lues Khairuddin mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari dimulai dari Tanggal 27 Februari hingga 29 Februari 2024.

“Rapat kali ini kita mengundang unsur Forkopimda, Bawaslu, PPK seluruh Kecamatan, Pengawascam, Saksi Partai Politik, LSM dan juga masyarakat umum. Karena rapat ini kita lakukan secara terbuka dan bebas disaksikan oleh Masyarakat luas,” Ujar Ketua KIP.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Khairuddin melanjutkan, agar Masyarakat dapat menyaksikan dengan ketentuan tidak mengganggu keamanan, demi lancarnya rekapitulasi hasil perhitungan suara tersebut.

“Hasilnya akan kita umumkan setelah kita selesai melakukan hasil rekapitulasi dari seluruh kecamatan yang ada di Gayo Lues. Mudah-mudahan yang kami lakukan ini sudah sesuai dengan perundang-undangan,” Katanya.

Ia berharap, agar dapat menjaga kondisi aman, tertib untuk pelaksanaan rekapitulasi ditingkat Kabupaten.

Sementara, Kapolres Gayo Lues, AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, S.H., S.I.K mengatakan, Personil Polres Gayo diturunkan dengan kekuatan penuh karena hari ini merupakan hari pertama rapat pleno dilakukan.

Baca Juga :  LSM GAKORPAN Pertanyakan Kemana Saja Realisasi Belanja BOS di Dinas Pendidikan Gayo Lues Capai 10 Milyar

“Untuk pengamanan sendiri kita all out baik itu dari personil kami Polres, maupun personil rekan-rekan Kodim 0113/Gayo Lues yang saat ini sifatnya standby. Karena teman-teman TNI adalah perkuatan dari kami untuk tambahan,” Ujar Kapolres.

Selain itu, untuk pengamanan personil Polres Gayo Lues diturunkan sebanyak 150 orang dibagi menjadi beberapa tahapan atau kegiatan pengamanan baik itu, dari arus lalu lintas, termasuk pintu gerbang dan paling inti adalah ruang kegiatan.

“Kita juga bekerjasama dengan teman-teman dari Brimob, mereka turun satu Pleton untuk pengamanan, baik dari awal kegiatan strelisasi maupun kegiatan lanjutan. Dimana nanti setiap seluruh peserta tanpa terkecuali dilakukan pemeriksaan tubuh, kaitan dengan membawa barang-barang yang rawan ataupun dimungkinkan memicu terjadinya hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan,” Jelasnya.

Lanjutnya, untuk pengamananan, Polres Gayo Lues melakukan persiapan dengan menjaga arus lalu lintas, untuk pengamanan pintu masuk, pihaknya melakukan pengamanan metal detector untuk mengecek dan pagi hari telah dilakukan sterilisasi.

“Kami juga menyiapkan satu pleton Dalmas, tujuannya untuk mengantisipasi apabila ada pihak-pihak atau oknum-oknum yang akan mengganggu lancarnya kegiatan ini. Kami juga melakukan Piket jaga full, tujuannya apabila kegiatan sudah selesaipun kami tetap melakukan pengamanan,” Ujarnya.

Baca Juga :  Beragam Kalangan/Masyarakat Berharap H.M.Amru Kembali Menjadi Bupati Gayo Lues, dan Ini Respon H.M. Amru

Dijelasnya, pengamanan tersebut juga termasuk pengawalan surat suara ataupun matrial logistik yang dibawa untuk kegiatan sidang.

“Kami berharap kepada masyarakat Gayo Lues bisa mendukung kegiatan ini, apabila aman, nyaman dan lancar ini untuk kebaikan kita semua. Kami berharap, semuanya bisa paham atas prosedur yang ada, mekanisme yang ada. Menang kalah itu merupakan suatu proses, artinya ini memang kehidupan demokrasi, oleh karena itu mari kita junjung semuanya demi kebaikan dan kembali lagi rasa aman dan nyaman bukan hanya peran kami TNI/Polri namun peran serta seluruh masyarakat dan stkholder yang ada,” Imbaunya.

Selain itu, Dandim 0113/ Gayo Lues letkol CZI, Yanfri Satria Sanjaya, M. Han mengatakan, Kodim 0113/ Gayo Lues selalu siap untuk membantu Polri dalam pengamanan rapat pleno tersebut.

“Di Makodim kita siap, saat dibutuhkan kita langsung bergerak. Kita dari TNI, mulai dari proses sebelum pemilu sudah aman, pemungutan suara aman. Kita berharap, proses penghitungan ini pun aman hingga nanti selesai kegiatan ini,” Pungkasnya. [Abdiansyah]

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Beragam Kalangan/Masyarakat Berharap H.M.Amru Kembali Menjadi Bupati Gayo Lues, dan Ini Respon H.M. Amru
Polres Gayo Lues Gelar Nonton Bareng Pergelaran Wayang Kulit dengan Lakon “Tumurune Wiji Sejati” dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78
Babinsa Koramil 05/Pining Jalin Hubungan Silatuhrahmi Antara Aparat Teritorial Dengan Masyarakat
Mendorong Peningkatan Ekonomi, Jalan Menuju Sentra Pertanian  Lempuh-Jabo  Diaspal Hotmic
Babinsa Koramil 04/KP Melaksanakan Pendampingan Pembagian Pemberdayaan di Desa Binaanya
TNI dan Masyarakat Bangun Bak Penampungan Air Bersih
Babinsa Koramil Terangun Bantu Warga Merontok Padi
MASIH SUSANA IDHUL FITRI, ANGGOTA KORAMIL 08/BLANGPEGAYON LAKSANAKAN SILATURAHMI DAN HALAL BIHALAL KERUMAH WARGA

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 18:17 WIB

Danramil Mayor Kav Salahuddin Ajak Warga Jaga Kebersihan Demi Terciptanya Lingkungan Yang Sehat

Minggu, 7 Juli 2024 - 15:22 WIB

Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, LSM GMBI Lakukan Sunat Massal

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:40 WIB

Artis Penyanyi Dangdut Aty Kodong Dilapor ke Polda Sulsel Dugaan Penipuan, Penggelapan dan Pencemaran Nama Baik

Berita Terbaru