Sekda LIRA Gayo Lues: Dana Bos Wajib Diumumkan di Papan Pengumuman Sekolah

DETIK TIMUR

- Redaksi

Kamis, 9 November 2023 - 15:05 WIB

50144 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues – Sekretaris Daerah (Sekda) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Gayo Lues Ricky Udayara,SE.I mempertegas kepada Pengelola Sekolah di Kabupaten Gayo Lues bahwa Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Wajib di umumkan di papan pengumuman setiap sekolah. November 2023.

Hal ini di ungkapkan Ricky melihat masih banyaknya kesimpang siuran terkait informasi dan pemahaman publik terhadap penggunaan Dana Bos oleh pihak sekolah.

“Publik sering kali curiga terhadap sekolah di semua tingkatan terkait penggunaan dana BOS, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan apakah memang telah di manfaatkan secara benar oleh pihak sekolah, hal ini muncul karena banyaknya pihak sekolah yang terkesan tidak transparan terhadap penggunaan dana bos, yang seyogyanya sudah menjadi hak publik untuk mengetahuinya, terutama siswa , guru komite sekolah, orang tua serta masyarakat” .ungkap Ricky

Bukan tidak mendasar Sekda LIRA mengungkapkan statmen ini. Hal ini Sesuai Petunjuk Teknis (juknis) BOS Reguler Tahun 2020, peningkatan transparansi penggunaan dana BOS oleh sekolah akan semakin optimal. Dan situasi yang kerap kali memunculkan potensi konflik di tengah tengah masyakarat terhadap hak pengajar dan peserta didik di sekolah. Karena dasar penentuan besaran dana bos sangat tergantung jumlah peserta didik yang notabene adalah siswa/i yang menjalani proses pendidikan. Dan dana BOS itu saat ini langsung di transfer ke rekening sekolah yang bersangkutan.

Ricky kemudian menjelaskan mekanisme dana BOS disalurkan dari Pemerintah Pusat ke seluruh sekolah. Pemerintah akan menyalurkan ke rekening sekolah atau rekening kepala sekolah di sekolah tersebut. Setelah itu kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah tersebut akan mengalokasikan dana BOS untuk berbagai keperluan sekolah, antara lain pembelian buku, gaji guru honorer, hingga kebutuhan teknis sekolah. Melalui laman BOS, kepala sekolah akan melaporkan penggunaan dana BOS setiap bulan, lengkap dengan bukti pembayarannya.

Baca Juga :  Wakili Kapolres, Wakapolres Kompol Edi Yaksa, S.Sos Hadiri Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Sengketa, Konflik, dan Perkara Pertanahan

“Mengapa kepala sekolah kerap kali menjadi sorotan, karena ya kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah karena yang paling tahu cara menggunakan dana BOS ya kepala sekolah, bukan daerah di mana sekolah itu berada”.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program pemerintah pusat untuk membantu pendanaan biaya operasional sekolah yang bisa digunakan untuk administrasi kegiatan sekolah, penyediaan alat-alat pembelajaran, pembayaran honor, pengembangan perpustakaan, pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, dan lain-lain. Jumlah dana BOS untuk setiap sekolah ditentukan berdasarkan banyaknya siswa. Tutup Ricky. (Tim)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Beragam Kalangan/Masyarakat Berharap H.M.Amru Kembali Menjadi Bupati Gayo Lues, dan Ini Respon H.M. Amru
Polres Gayo Lues Gelar Nonton Bareng Pergelaran Wayang Kulit dengan Lakon “Tumurune Wiji Sejati” dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78
Babinsa Koramil 05/Pining Jalin Hubungan Silatuhrahmi Antara Aparat Teritorial Dengan Masyarakat
Mendorong Peningkatan Ekonomi, Jalan Menuju Sentra Pertanian  Lempuh-Jabo  Diaspal Hotmic
Babinsa Koramil 04/KP Melaksanakan Pendampingan Pembagian Pemberdayaan di Desa Binaanya
TNI dan Masyarakat Bangun Bak Penampungan Air Bersih
Babinsa Koramil Terangun Bantu Warga Merontok Padi
MASIH SUSANA IDHUL FITRI, ANGGOTA KORAMIL 08/BLANGPEGAYON LAKSANAKAN SILATURAHMI DAN HALAL BIHALAL KERUMAH WARGA

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 18:17 WIB

Danramil Mayor Kav Salahuddin Ajak Warga Jaga Kebersihan Demi Terciptanya Lingkungan Yang Sehat

Minggu, 7 Juli 2024 - 15:22 WIB

Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, LSM GMBI Lakukan Sunat Massal

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:40 WIB

Artis Penyanyi Dangdut Aty Kodong Dilapor ke Polda Sulsel Dugaan Penipuan, Penggelapan dan Pencemaran Nama Baik

Berita Terbaru