Ini Terobosan Unit Satwa Dit Samapta Polda NTB, Dalam Program Outing Class Untuk Siswa/i TK

DETIK TIMUR

- Redaksi

Kamis, 26 Oktober 2023 - 15:41 WIB

5090 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mataram NTB – Dalam rangka memperkenalkan tugas Polisi khususnya unit Satwa yang ada di Kepolisian sejak usia dini, Direktorat Samapta Polda NTB melalui Unit Satwa melakukan kegiatan edukasi kepada siswa/i TK Kartika Mataram dan TK RA. NWDI Narmada di Lapangan Tribun Bhara Daksa, Kamis (26/10/2023).

Kedatangan Ratusan Siswa/i Kedua TK berserta Guru dan Kepala Sekolah tersebut terima langsung Wakil Direktur Samapta Polda NTB AKBP Irfan Nurmansyah SIK., Didampingi Kanit Satwa Dit Samapta Polda NTB Ipda Made Triana.

Dihadapan Siswa/i TK tersebut anggota Unit Satwa memperkenalkan beberapa Ekor Anjing Pelacak serta Kuda yang selama ini banyak membantu tugas pokok Kepolisian seperti melacak barang-barang terlarang, Mencari pelaku tindak pidana, hingga kepada pencarian Benda-benda yang berbahaya seperti Handak (Bahan Peledak).

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam keterangannya, Wadir Samapta Polda NTB AKBP Irfan Nurmansyah SIK., menyebutkan bahwa kegiatan tersebut sebuah kegiatan edukasi terhadap anak-anak agar para siswa/i TK ini mengenal serta mengetahui secara garis besar tugas-tugas kepolisian.

Baca Juga :  Korban Begal Dikunjungi Kapolsek Praya

Begitu pun keberadaan unit Satwa, Siswa/i diperkenalkan bahwa keberadaan Kuda dan Anjing pelacak bertujuan untuk membatu tugas-tugas kepolisian.

“Kita harus memperkenalkan tugas Polisi dari sejak usia dini, kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan Dit Samapta Polda NTB melalui Unit Satwa. Kegiatan edukasi ini telah tersusun dalam program kerja tahunan unit Satwa Dit Samapta Polda NTB,”jelasnya.

Untuk menambah ketertarikan pada anak Unit Satwa juga telah mempersiapkan Baju Polisi ukuran anak sehingga dapat digunakan saat kegiatan berlangsung untuk sesi foto-foto sambil merasakan bagaimana rasanya saat Polisi sedang menjalankan tugas seperti Patroli, anak-anak naik kendaraan patroli mutar-mutar lapangan, begitu pula dengan kuda yang juga cukup diminati anak-anak berfoto saat sedang berada dipunggung Kuda.

“Dit Samapta Polda NTB khususnya unit Satwa telah mencanangkan Polisi sahabat anak ataupun keberadaan Polisi Cilik binaan Unit Satwa Dit Samapta Polda NTB,”ucapnya.

Upaya tersebut merupakan pola yang dilakukan Polri untuk menjalin hubungan dan komunikasi dengan anak sejak di usia Dini atau saat di TK ataupun SD. Dengan demikian kecintaan terhadap Polisi akan muncul ketika si Anak sudah merasa terbiasa dengan polisi dan tugas-tugas nya.

Baca Juga :  Sedulur Jokowi Batu Bara gelar senam gemoy dengan aneka hadiah doorprize

“Untuk itu Unit Satwa mencoba memberikan dan menjalin perkenalan serta memperkenalkan Keberadaan Polisi sampai akhirnya lahir Polisi Cilik atau Polisi sahabat Anak. Kegiatan ini merupakan bentuk binaan kita terhadap anak-anak agar mengenal Polisi secara benar,”tutupnya.

Sementara itu, Salah Seorang Guru TK RA. NWDI Narmada menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kanit Satwa Dit Samapta Polda NTB yang telah memberikan kesempatan kepada anak asuhnya untuk mengenal secara langsung tugas pokok sebagai polisi satwa yang ada di Polda NTB.

“Ini tentu menjadi pengalaman dan pembelajaran tersendiri bagi anak-anak kami dalam rangka mengenal Polisi. Kami berharap kegiatan seperti ini tetap ada bagi anak-anak TK Lainnya,”tutupnya (RH)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Polri Presisi !! Personil Terbaik, Kini Naik Pangkat
Intruksi Irjen Pol Ahmad Luthfi Kepada Personil Walpri, Harus Netral Jaga marwah Polri
Hanan A Rozak Kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan Gelar Bimtek di Sekampung, Lampung Timur
Babinsa Desa Plosorejo Bantu Pemupukan
Babinsa Bantu Pembuatan Talud Penahan Longsor
Dandim 0718/Pati dan Rumah PPAI Bersatu Melindungi Perempuan dan Anak di Pati
Program Inovasi ” Sedekah Seribu Jumat Berkah ” Bhabin Kamtibmas Desa Purnakarya Polsek Tanralili Kab Maros
Giat Pengaturan Pagi Cegah Lakalantas Polsek Ngimbang Di Simpang Terminal Ngimbang

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 18:17 WIB

Danramil Mayor Kav Salahuddin Ajak Warga Jaga Kebersihan Demi Terciptanya Lingkungan Yang Sehat

Minggu, 7 Juli 2024 - 15:22 WIB

Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, LSM GMBI Lakukan Sunat Massal

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:40 WIB

Artis Penyanyi Dangdut Aty Kodong Dilapor ke Polda Sulsel Dugaan Penipuan, Penggelapan dan Pencemaran Nama Baik

Berita Terbaru